Begini Cara Menjawab Kelebihan Dan Kekurangan Saat Interview!

Pada saat interview, kita seringkali ditanya mengenai kelebihan dan kekurangan. Pertanyaan ini memang sedikit sulit dan banyak sekali peserta interview yang kebingungan saat menjawab pertanyaan ini. Untuk membantu kamu menjawab pertanyaan interview, begini cara menjawab kelebihan dan kekurangan diri saat interview.

Mengapa Kelebihan dan Kelemahan Ditanyakan saat Interview Kerja?

Kelebihan dan kelemahan ditanyakan saat interview kerja karena mereka membantu pewawancara untuk memahami bagaimana Kamu menilai diri Kamu dan apa yang membuat Kamu unik. Ini juga membantu pewawancara untuk menentukan apakah Kamu cocok untuk posisi yang Kamu lamar dan bagaimana Kamu dapat membantu perusahaan berkembang.

Kelebihan memberikan informasi tentang apa bidang yang Kamu kuasai, hal-hal yang membuat Kamu berbeda dan unggul dibandingkan orang lain, dan bagaimana Kamu dapat membawa nilai tambah bagi perusahaan.

Sementara itu, kelemahan memberikan informasi tentang area-area di mana Kamu perlu memperbaiki diri dan bagaimana Kamu bekerja untuk mengatasi masalah tersebut. Ini juga membantu pewawancara untuk melihat bagaimana Kamu mengelola dan mengatasi masalah, dan bagaimana Kamu menilai diri Kamu secara objektif.

Secara keseluruhan, menjawab pertanyaan tentang kelebihan dan kelemahan memberikan wawasan yang komprehensif tentang Kamu sebagai individu dan bagaimana Kamu dapat membantu perusahaan dalam jangka panjang.

 

Baca Juga: 10 Pertanyaan Saat Interview Sales Marketing

 

Cara Menjawab Kelebihan dan Kekurangan Saat Interview

Saat menjawab pertanyaan tentang kekuatan dan kelemahan Kamu selama wawancara, penting untuk bersikap jujur dan memberikan contoh untuk mendukung jawabanmu. Berikut cara menjawab kelebihan dan kekurangan saat interview:

Cara Menjawab Kelebihan Diri Saat Interview

Berikut adalah beberapa tips untuk menjawab pertanyaan kelebihan diri saat interview:

  1. Tentukan kelebihan yang terkait dengan posisi yang Kamu lamar. Sebutkan kelebihan yang membantu Kamu bekerja dengan baik pada posisi tersebut, seperti kemampuan mengatasi tekanan, berkomunikasi efektif, atau berpikir analitis.
  2. Gunakan contoh spesifik untuk membuktikan kelebihan Kamu. Misalnya, Kamu dapat menceritakan bagaimana Kamu memimpin proyek sukses atau mengatasi masalah yang kompleks di pekerjaan sebelumnya.
  3. Tunjukkan bagaimana kelebihan Kamu membantu perusahaan. Jelaskan bagaimana kelebihan Kamu dapat membantu perusahaan mencapai tujuannya dan bagaimana Kamu dapat membawa nilai tambah bagi perusahaan.
  4. Hindari memakai istilah umum yang tidak spesifik seperti “saya kerja keras” atau “saya suka bekerja dengan orang lain.” Ini tidak membantu membedakan Kamu dari kandidat lain dan membuat jawaban Kamu kurang memukau.
  5. Berbicara dengan keyakinan dan memastikan bahwa Kamu memahami betul bagaimana kelebihan Kamu dapat membantu perusahaan. Ini akan membuat pewawancara percaya bahwa Kamu memiliki passion dan dedikasi untuk posisi yang Kamu lamar.

Cara Menjawab Kekurangan Diri Saat Interview

Berikut adalah beberapa tips untuk menjawab pertanyaan kekurangan diri saat interview:

  1. Pilih kekurangan yang tidak terlalu penting bagi posisi yang Kamu lamar. Hindari menyebutkan kekurangan yang mungkin membuat Kamu kurang cocok untuk posisi tersebut, seperti kekurangan motivasi atau keterampilan teknis penting.
  2. Jelaskan bagaimana Kamu sedang mengatasi kekurangan tersebut. Menunjukkan bahwa Kamu menyadari kekurangan Kamu dan berusaha memperbaikinya akan membuat Kamu terlihat lebih terbuka dan proaktif.
  3. Gunakan kekurangan Kamu sebagai peluang untuk belajar dan tumbuh. Sebutkan bagaimana Kamu berusaha memperbaiki kekurangan Kamu dan bagaimana hal tersebut membuat Kamu menjadi kandidat yang lebih baik di masa depan.
  4. Hindari menyalahkan orang lain atau situasi untuk kekurangan Kamu. Ini akan membuat Kamu terlihat tidak bertanggung jawab dan kurang profesional.
  5. Berbicara dengan jujur dan tetap positif. Fokus pada bagaimana Kamu berusaha memperbaiki kekurangan Kamu dan bagaimana hal ini membuat Kamu menjadi kandidat yang lebih baik. Ini akan membuat pewawancara melihat Kamu sebagai kandidat yang memiliki potensi dan dedikasi untuk terus belajar dan tumbuh.

Contoh Menjawab Kelebihan Diri Saat Interview Kerja

Berikut adalah contoh jawaban menjelaskan kelebihan diri saat interview:

Contoh 1: “Saya merasa saya memiliki kemampuan presentasi yang baik. Dalam pekerjaan sebelumnya, saya sering mengelola presentasi produk kepada klien dan mampu mempertahankan perhatian mereka selama presentasi. Saya yakin kemampuan ini dapat membantu perusahaan menjangkau audiens dengan efektif.”

Contoh 2: “Saya memiliki kemampuan organisasi yang baik. Saya selalu memastikan pekerjaan saya dilakukan tepat waktu dan terencana dengan baik. Dalam pekerjaan sebelumnya, hal ini membantu saya mengatasi deadline yang ketat dan memastikan pekerjaan berjalan lancar.”

Contoh 3: “Saya merasa saya memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik. Saya mampu berbicara dengan baik dan berkoordinasi dengan tim dan rekan kerja dengan efektif. Saya yakin kemampuan ini akan membantu perusahaan dalam mencapai tujuan bersama.”

Contoh 4: “Saya merasa saya memiliki kemampuan pembelajaran yang cepat. Saya selalu bersemangat untuk belajar hal baru dan menerima tantangan baru. Dalam pekerjaan sebelumnya, saya berhasil mempelajari sistem baru dengan cepat dan menerapkannya dengan sukses.”

Contoh 5: “Saya merasa saya memiliki kemampuan leadership yang baik. Saya mampu memimpin tim dan memotivasi mereka untuk mencapai tujuan bersama. Dalam pekerjaan sebelumnya, saya memimpin proyek sukses berkat kemampuan ini.”

Contoh Menjawab Kekurangan Diri Saat Interview Kerja

Berikut adalah contoh menjelaskan kekurangan diri saat interview:

Contoh 1: “Salah satu kekurangan saya adalah kurangnya kemampuan berbicara di depan umum. Saya sedang berusaha memperbaiki hal ini dengan mengikuti kelas public speaking dan berlatih berbicara di depan orang lain secara rutin. Saya percaya bahwa dengan praktik dan keyakinan, saya akan dapat mengatasi kekurangan ini.”

Contoh 2: “Saya menyadari bahwa saya kurang memiliki kemampuan untuk bekerja dalam situasi yang ketat dan terdesak. Namun, saya memiliki keterampilan dalam mengatasi tekanan dan menyelesaikan pekerjaan tepat waktu dengan efisiensi dan konsentrasi yang tinggi. Saya berharap dapat terus meningkatkan kemampuan saya dalam hal ini.”

Contoh 3: “Saya mungkin kurang memiliki pemahaman teknis terhadap beberapa software tertentu. Namun, saya memiliki kemampuan belajar dengan cepat dan saya percaya bahwa saya akan dapat memahami software tersebut dengan baik dalam waktu yang singkat. Saya juga memiliki kemampuan untuk bekerja sama dengan rekan kerja dan meminta bantuan ketika diperlukan.”

Perhatikan Ini Saat Menjawab Pertanyaan Kelemahan dan Kelebihan

Berikut adalah hal-hal yang perlu diperhatikan saat menjawab pertanyaan kelebihan dan kekurangan saat interview:

  1. Fokus pada kelebihan dan kekurangan yang relevan dengan posisi yang dilamar. Jangan membahas hal-hal yang tidak berhubungan dengan pekerjaan.
  2. Pilihlah kelebihan dan kekurangan yang dapat diubah atau dikembangkan. Ini akan menunjukkan bahwa Kamu memiliki potensi untuk berkembang dan berkontribusi positif bagi perusahaan.
  3. Jangan memilih kekurangan yang sangat mendasar seperti tidak memiliki motivasi atau tidak bisa bekerja dalam tim. Ini akan mengirimkan pesan negatif kepada interviewer dan membuat Kamu terlihat tidak berminat atau tidak memiliki komitmen untuk bekerja.
  4. Jangan terlalu membela diri atau terlalu merendahkan diri saat menjawab. Ini akan membuat Kamu terlihat tidak jujur atau tidak percaya diri.
  5. Sertakan contoh konkret untuk menunjukkan kelebihan dan kekurangan Kamu. Ini akan membantu interviewer memahami dan mempercayai jawaban Kamu.
  6. Berikan solusi untuk kekurangan Kamu. Ini akan menunjukkan bahwa Kamu memahami kelemahan Kamu dan memiliki niat untuk mengatasinya.
  7. Berbicaralah dengan percaya diri dan yakin saat menjawab. Ini akan membuat Kamu terlihat percaya diri dan optimis untuk bekerja di perusahaan tersebut.

 

 

Pertanyaan Terkait

Bagaimana Cara Menutupi Kelemahan Kamu?

Menutupi kelemahan saat interview kerja bukanlah ide yang baik. Lebih baik untuk mengakui kelemahan dan menunjukkan usaha untuk mengatasinya. Terima bahwa setiap orang memiliki kelemahan dan fokus pada kelebihan Kamu.

Berikan contoh bagaimana Kamu mengatasi kelemahan Kamu dan bagaimana kelebihan Kamu dapat berkontribusi positif bagi perusahaan. Ini akan membuat interviewer memfokuskan perhatian mereka pada aset positif Kamu dan menunjukkan bahwa Kamu adalah orang yang jujur dan berkembang.

Apakah Kekurangan yang Kamu Sebutkan Pada Jawaban Bersifat Fatal?

Tidak, kekurangan yang disebutkan pada interview tidak harus bersifat fatal. Namun, pemilihan kekurangan yang akan dibahas sangat penting. Sebaiknya pilih kekurangan yang tidak berpengaruh besar pada pekerjaan yang dilamar dan dapat diterima oleh perusahaan.

Seperti misalnya kelemahan dalam mengatur waktu atau kurangnya pengalaman dalam bidang tertentu. Kemudian berikan contoh bagaimana Kamu sedang berusaha untuk mengatasi kelemahan tersebut atau bagaimana Kamu berusaha memperbaiki diri.

Ini akan memperlihatkan bahwa Kamu adalah orang yang memiliki niat baik dan berkembang.

 

Follow Instagram Karir ASDF.ID untuk tips dan informasi menarik lainnya!